Info Dan Tips Seputar Kehamilan

Batasi Konsumsi Vitamin A

generasimaju.com – Asupan vitamin A selama kehamilan harus dibatasi. Hal ini karena salah satu bentuk turunan dari vitamin A (retinol), bila diberikan dalam dosis tinggi berisiko menimbulkan cacat pada bayi. Oleh karena itu hindari makanan yang mengandung hati hewan, baik itu hati ayam, hati sapi, maupun hati unggas lainnya selama hamil.

Risiko Perdarahan Bagi Bumil Perokok

Ibu perokok dan peminum alkohol berisiko dua kali lipat mengalami perdarahan saat hamil. • Merokok saat hamil bukan hanya mengganggu kesehatan Mama, tapi juga bisa memengaruhi kesehatan janin, semisal cacat janin. • Alkohol bersifat larut dalam air, jadi cepat diserap oleh seluruh organ tubuh, sementara bagian yang terbuang hanya berkisar 5–15% saja melalui keringat, paru-paru, dan urine. Alkohol yang terserap mengalir melalui aliran darah bumil, masuk ke dalam saluran darah janin di kandungan. Efeknya: bisa menyebabkan kelainan otak, epilepsi, dan Fetal Alcohol Syndrom (FAS).

“Tidak Melayani” Sesar

Persalinan sesar harus dilakukan berdasarkan indikasi medis. Jadi, persalinan ini dilakukan jika tidak ada pilihan aman lainnya supaya Mama dan atau bayi selamat terlahir ke dunia. Contohnya: bumil pengidap HIV/AIDS, bumil dengan asma berat, bumil dengan penyakit jantung, bayi yang terlilit tali pusat, tali pusat bayi pendek, dan air ketuban habis. Karena itulah, di luar negeri, lebih khusus lagi negara maju seperti: Amerika, Inggris, dan Jepang, dokter tidak pernah mau melayani sesar berdasarkan permintaan ibu tanpa adanya indikasi medis tertentu.