8 Kelebihan Genset Diesel yang Banyak Diminati

Kelebihan Genset Diesel – Kenapa genset diesel lebih banyak dipilih untuk skala rumah tangga dibandingkan dengan genset berbahan bakar lainnya? Genset merupakan perangkat pembangkit listrik skala kecil yang sering digunakan oleh perusahaan maupun rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan listrik saat terjadi pemadaman ataupun mengatasi keterbatasan jangkauan PLN terhadap lokasi terpencil.

Kelebihan Genset Diesel

Genset diesel merupakan genset yang menggunakan mesin diesel sebagai penggeraknya, dan bahan bakar yang dipakai adalah solar. Di Indonesia sendiri, diesel ini merupakan diesel yang paling banyak digunakan. Selain kapasitas listrik yang dihasilkannya cukup besar, genset diesel ini juga cukup mudah ditemukan.berikut beberapa keunggulan lain dapat ditemukan pada genset diesel, diantaranya adalah:

  1. Harga bahan bakar mesin diesel berupa solar yang lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar lainnya seperti pertalite maupun premium, apalagi pertamax.
  2. Solar mampu menghasilkan energi lebih banyak, dikarenakan kepadatan energi pada solar lebih tinggi. Oleh karena itu kendaraan atau mesin yang menggunakan bahan bakar solar memiliki daya tempuh atau kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan mesin atau kendaraan lain. Kendaraan dengan mesin diesel atau berbahan bakar solar pun sering dijadikan sebagai kendaraan yang mengangkut kendaraan berat.
  3. Seperti halnya nomor 2, mesin berbahan bakar solar cenderung lebih awet dan lebih bisa diandalkan ketimbang mesin dengan bahan bakar bensin.
  4. Mesin dengan diesel juga lebih mudah dalam perawatan, dikarenakan tidak memiliki busi sehingga tidak menimbulkan percikan api pada saat dinyalakan.
  5. Karena membuat mesin lebih awet dan memiliki energi yang lebih tinggi, maka solar cenderung lebih hemat untuk memproduksi listrik per kilowattnya, yakni sekitar 30- 50% lebih irit dibandingkan dengan bahan bakar bensin.
  6. Usia dari mesin genset diesel juga lebih lama, karena mesin diesel cenderung lebih tahan panas/ tidak cepat panas dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin.
  7. Dibandingkan dengan model mesin genset diesel lama, mesin diesel jenis modern memiliki keunggulan tidak bising saat dinyalakan.
  8. Besar kapasitas listrik yang mampu dihasilkan oleh genset diesel mulai dari 750 watt sampai 60 kilowatt.

Setelah tahu keunggulan dari diesel-diesel genset diatas, anda juga perlu tahu beberapa merek yang memproduksi genset diesel diantaranya seperti Volvo, Mitsubishi, Foton, Yanmar, V-Gen, Isuzu, Brother, Goysen, MTU, Cummins, Lovol, Perkins, Faw dan Man. Cukup banyak bukan? List produsen genset tersebut hanyalah sebagian dari keseluruhan produsen yang memproduksi genset diesel.

Dari beberapa keunggulan tersebut, dapat menjelaskan kenapa mesin genset diesel cenderung lebih banyak dipilih dan ditemukan dipasaran. Pusat penjualan mesin genset ini dapat anda temukan di distributor resmi jual genset  jakarta maupun distributor resmi jual genset diesel di bali. Salah satu distributor resmi genset diesel diantaranya adalah PT Rajawali Indo Utama.