Pesona Bandara Terbesar Kedua Di Indonesia

Bandar udara internasional Kertajati atau lebih dikenal dengan bandar udara internasional Majalengka oleh masyarakat Indonesia. Bandar udara tersebut merupakan bandar udara pertama yang terbesar kedua di Indonesia setelah bandara Soekarno – Hatta. Bandar udara baru ini terletak di Kabupaten Majalengka yang jaraknya kurang lebih 68 kilometer di sebelah timur Bandung.

Bandar udara tersebut dibangun dengan tujuan untuk melayani penerbangan atau lalu lintas Internasional. Yang melayani area Bandung, Cirebon, daerah bagian Jawa Barat lainnya dan juga provinsi Jawa Tengah. Bandara ini merupakan bandara internasional kedua yang melayani wilayah – wilayah tersebut setelah bandara utama Soekarno – Hatta.

Bandara tersebut diresmikan dan mulai beroperasi seperti bandara pada umumnya mulai tanggal  24 mei 2018, diresmikan dengan mendaratnya bendera kepresidenan Indonesia pertama kali di bandara tersebut.

Bandara tersebut memiliki tempat untuk landasan pacu tunggal dengan panjang 2.500 meter dan landasan tersebut akan diperpanjang hingga mencapai 3.000 meter, pembangunan akan dilakukan nanti pada bulan November 2018.

Keberadaan bandara internasional baru di Jawa Barat tersebut diharapkan mampu sebagai penyangga untuk membantu lalu lintas udara di Soekarno – Hatta di Jakarta. Sehingga kemacetan lalu lintas mudik atau keresahan masyarakat tentang urusan perjalanan menjadi lebih mudah.

Setelah bandara Internasional Majalengka resmi beroperasi, dipastikan akan mampu mengangkut penumpang sebanyak 29 juta penumpang setiap satu tahun. Selain itu bandar udara tersebut juga meng operasikan kargo. Dimana rencana pengoperasian terminal kargo tersebut diperkirakan secara resmi mencapai 1,5 juta ton kargo yang akan di capai pada tahun 2020.

Fasilitas yang ada di bandara internasional terbesar ke dua di Indonesia selain landasan pacu yang akan terus diperpanjang juga ada fasilitas lainnya. bandara tersebut juga memiliki apron dengan luas 397.890 meter persegi yang mana apron tersebut dapat digunakan untuk menampung 10 parking stand pesawat jet narrow body.

Fasilitas lainnya yang berfungsi sebagai fasilitas pendukung seperti jalan menuju ke bandara dan juga tempat parkir di bandara yang luas dan sudah selesai di bangun dengan baik. Selain itu fasilitas pendukung lainnya yang tidak kalah penting adalah genset. Genset yang mereka beli secara resmi dari tempat jual genset open di jogja dan distributor resmi jual genset di Bali.

Fasilitas di dalam terminal bandara internasional baru tersebut juga sudah cukup lengkap. Dimana sudah terdapat loket untuk check in, mesin check in mandiri, toilet, mushola, mesin x- ray untuk pemeriksaan, bagage handling system, signage, play ground, dan juga ada ruang tunggu untuk penumpang yang menunggu boarding.

Desain interior di bandara ini juga cukup unik, yaitu dengan menghias beberapa sisi terminal dengan karya seni berupa patung. Pada bagian lain juga ditambahkan kubah berornamen pohon dengan warna putih yang menutupi setiap booth di bandara.