Tahapan dan Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks terjadi karena adanya virus HPV yang disebabkan oleh banyak hal. Setelah infeksi virus HPV menjalar ke bagian dalam jaringan, kemudian dimulailah tahapan perkembangan jaringan kanker serviks ini sendiri. Tahapan atau stadium yang ada ini berpengarun terhadap tingkat keparahan maupun penangan yang harus dilakukan.

Tahapan dan gejala Kanker Serviks

Berikut ini adalah beberapa tahapan dan gejala kanker serviks yang menandakan perkembangan jaringan kanker serviks, antara lain :

  1. Kanker serviks stadium 0
    Pada kanker serviks stadium 0, sel – sel kanker hanya terbatas pada permukaan serviks, sehingga tidak akan ada gejala sama sekali pada stadium 0 ini.
  1. Kanker serviks stadium I
    Pada kanker serviks stadium I, gejala kanker serviks yaitu ketika sel – sel kanker sudah mulai tumbuh lebih dalam ke leher rahim, tidak hanya pada permukaannya saja. Kemudian kanker serviks stadium I ini dibagi menjadi 2 subkategori, yaitu tahap IA dan tahap IB.Pada tahap awal IA, jaringan kanker serviks masih berukuran lumayan kecil, yaitu 3-5 mm dengan diameter kurang dari 7mm. Pada tahap IB jaringan kanker sudah mulai membesar namun masih berada dalam jaringan serviks. Kanker pada stadium ini bisa dilihat dengan mata tanpa bantuan alat, yaitu berukuran 4cm, dan dapat dilihat di bawah mikroskop dengan ukuran lebih dari 5mm dan 7mm.
  1. Kanker serviks stadium II
    Pada tahapan dan gejala kanker serviks stadium II, kanker sudah tumbuh melalui leher rahim dan tentunya rahim namun masih belum mencapai bagian bawah vagina. Pada tahap ini kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening atau tempat yang jauh. Seperti tahap I, tahap II memiliki dua subkategori tambahan yaitu tahap IIA dan IIB.Pada tahap IIA, kanker masih belum menyebar ke jaringan yang berada di samping leher rahim, tapi mungkin telah tumbuh di bagian atas vagina. Sedangkan pada tahap IIB kanker mungkin telah menyebar ke jaringan yang berada di samping leher rahim (parametria).
  2. Kanker serviks stadium 3
    Pada kanker serviks stadium III, kanker mengalami penyebaran hingga ke bagian bawah vagina atau dinding panggul, namun belum sampai ke kelenjar getah bening terdekat atau bagian lain.Tahap ini dibagi menjadi dua subkategori : stadium IIIA, yaitu kanker telah menyebar ke bagian bawah vagina. Sedangkan pada stadium IIIB kanker mengalami pertumbuhan hingga kedalam dinding panggul dan telah memblokir kedua ureter.
  3. Kanker serviks stadium 4
    Pada tahap dan gejala kanker serviks stadium lanjut ini, sel kanker dipastikan sudah menyebar ke organ terdekat maupun bagian tubuh lainnya. Bahkan pada tahap IVA sudah menyebar ke kandung kemih atau rektum, dan stadium IVB sel kanker sudah menyebar ke organ di luar panggul seperti paru – paru ataupun hati.

Demikian ulasan mengenai tahapan dan gejala kanker serviks. Semoga bermanfaat.